Senin, 03 Desember 2012

Fauzi Rachmanto

Fauzi Rachmanto


Apa yang Anda Bela?

Posted:

Apa yang Anda Bela? Anda melakukan bisnis sebenarnya hendak membela apa? Kelihatannya sebuah pertanyaan mudah. Namun jika Anda adalah pelaku usaha, saya yakin saat ini kening Anda langsung berkerut. Berebeda dengan saat perjuangan kemerdekaan dulu. Seandainya kita sampaikan pertanyaan "apa yang Anda bela?" ke para pejuang kemerdekaan, jawaban mereka akan seragam: Kemerdekaan. Bahkan lebih tegas
read more..

Mengunci Negosiasi

Posted:

Teman saya terlihat murung. Padahal tiga bulan lalu saya ingat betul bagaimana dengan ceria dia menceritakan keberhasilannya mendapat sebuah kontrak pekerjaan pembuatan software aplikasi di sebuah perusahaan. Rupanya pekerjaan yang diberikan "berat di ongkos" untuk dilaksanakan. Memerlukan sumber daya manusia yang banyak, waktu tidak sedikit, dan perangkat yang tidak murah. Sebenarnya tidak menjadi masalah jika
read more..

Mahal Tapi Laris

Posted:

Para pelaku Usaha Kecil dan Menengah umumnya memiliki asumsi, bahwa cara terbaik memenangkan persaingan adalah dengan melakukan "perang harga". Semakin murah suatu produk, maka akan semakin laris. Namun kenyataannya tidak selalu demikian. Banyak produk yang meskipun dijual dengan harga "premium" namun tetap dicari orang. Contohnya beberapa merk busana tertentu, kalau sedang melakukan program "sale" pasti
read more..

Memberi Lebih

Posted:

Apa perasaan Anda ketika membeli sebuah barang, kemudian ternyata penjual dengan senang hati memberikan tambahan? Pasti Anda senang. Semua orang akan merasa senang jika mendapat lebih dari yang diharapkan. Setiap tahun, usai merayakan Lebaran di kota Bandung, saya dan keluarga rutin melakukan perjalanan mudik ke kota asal saya. Sepanjang perjalanan yang melelahkan, tersedia banyak sekali
read more..

Menciptakan Momentum

Posted:

Apakah yang disebut momentum dalam bisnis? Momentum adalah sebuah kejadian luar biasa, yang secara signifikan dapat mengubah perjalanan bisnis kita menuju ke arah yang lebih baik. Dalam upaya mewujudkan keberhasilan usaha kita, seringkali kita tidak bisa lepas dari terjadinya momentum. Misalnya, seseorang yang sedang merintis usaha konveksi, berbulan-bulan order biasa-biasa saja, hasil usaha juga biasa-biasa
read more..

Berjualan Cangkul

Posted:

Siapakah pengusaha paling sukses di masa perburuan emas di Amerika Serikat di jaman "Wild Wild West"? Pemilik tambang? Bisa jadi, namun banyak juga pemilik tambang yang gagal menemukan emas dalam jumlah yang cukup berarti, sementara modal sudah banyak terbuang. Pekerja tambang? Mungkin, sekiranya para pekerja tadi cukup beruntung untuk dapat bertahan dengan upah yang minim dan kehidupan di pertambangan yang keras pada waktu itu.

Bukan Sekedar Nama

Posted:

Apa nama usaha Anda? CV. Jaya Gemilang, PT. Maju Mundur, ataukah PT. Rindu Order? Awas.. hati-hati, jangan salah memberi nama usaha, ingatlah bahwa nama juga adalah sebuah harapan dan doa. Umumnya pelaku usaha pemula menganggap nama hanyalah sekedar identitas usaha. Untuk membedakan dengan usaha orang lain yang sejenis, maka dibuatlah nama usaha. Terlebih di Indonesia,
read more..

Bisnis Adalah Melayani

Posted:

Sebagai pelaku usaha sering kita terjebak pada cara berpikir klise, bahwa untuk unggul kita harus memiliki produk atau jasa dengan kualitas terbaik dan dengan harga terbaik. Tentu saja kedua hal tersebut penting. Namun, coba kita lihat, apakah betul produk dengan kualitas ataupun harga terbaik selalu unggul dibanding kompetitornya? Tidak mutlak demikian. Bahkan seringkali produk dengan
read more..

I Want to Debt Free

Posted:

I want to debt free! I want to debt free! Yeaah..! Lagu yang asli nya dibawakan grup musik Rock Queen, dan berjudul ‘I want to break free’ itu dinyanyikan dengan penuh semangat dan penghayatan oleh beberapa teman, yang bersama saya mengikuti seminar yang dibawakan Pak Heppy Trenggono di Bandung beberapa waktu lalu. Seminar tersebut memang
read more..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar